Panwascam Tallo Rekrut PTPS Berintegritas

by -30 views

RETORIKA.CO.ID, MAKASSAR — Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggara pemilu 2019 untuk memastikan proses pemilu berjalan sukses tanpa pelanggaran. Sehubungan dengan hal tersebut Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tallo akan menerima 356 orang pengawas TPS yang nantinya akan ditugaskan di 15 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tallo.

Rangkaian kegiatan penerimaan Calon Pengawas TPS dimulai dengan tahap pengumuman pendaftaran pada tanggal 4 hingga 10 Februari 2019.

Selanjutnya pada 11 hingga 21 Februari 2019 memasuki tahap pengembalian formulir pendaftaran, pemeriksaan berkas dan wawancara kepada para Calon Pengawas TPS yang telah memenuhi syarat.

Berdasarkan data yang ada pada buku registrasi pendaftaran, sampai hari Kamis (14/02/19), sudah ada 135 orang yang mendaftar dan sudah 123 orang yang mengembalikan berkas.

“Saat ini kami sedang melakukan tes wawancara kepada Calon Pengawas TPS yang sudah memenuhi syarat dan berkas pendaftarannya sudah lengkap. Kami berkomitmen merekrut PTPS yang berintegritas untuk memastikan pemilu berjalan dengan baik,” ungkap Ketua Panwascam Tallo, Fadly Sukir, SH, MH saat ditemui di ruangannya, Jum’at (15/2/19).

Fadly juga menegaskan komitmennya dalam bidang pengawasan, pencegahan dan penindakan.

“Saya mempertegas kawan-kawan di Panwascam dan di Panwaslu, begitupun yang ingin terlibat sebagai PTPS. Tujuan kita berada di lapangan guna memastikan tidak ada terjadi pelanggaran pemilu, kalau ada temuan kita langsung tindaki,” tegas pria yang berlatar belakang pengacara ini.

Fadly juga proaktif mengintruksikan ke Panwaslunya agar lebih aktif menyampampaikan ke warga yang ingin terlibat pengawasan TPS.

“Saya tekankan ke Panwaslu agar disosialisasikan sebisa mungkin dan sepanjang memenuhi syarat ayo kesini daftar,” terang Fadly.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari, SH, MH dalam kunjungannya ke Kantor Panwascam Tallo, Rabu (13/2/19) mengatakan, dirinya mengapresiasi kinerja Panwascam Tallo selama ini, termasuk dalam hal perekrutan PTPS.

“Kami sudah kunjungi empat kantor Panwascam di Kota Makassar. Diantaranya Panwascam Mamajang, Mariso, Wajo, Ujung Tanah dan hari ini Tallo yang kelima,” ujar Nursari.

Menurutnya, di hari pertama tes wawancara minat pelamar yang mengembalikan berkas sekaligus tes wawancara di Kantor Panwascam setempat cukup bervariasi.

“Iya ada Kecamatan yang cukup lumayan pendaftarnya ada juga sedikit di hari pertama ini misalnya di Kecamatan Wajo. Namun saya melihat di Tallo cukup lumayan banyaklah untuk hari pertama,” tutur lelaki yang juga berlatar belakang Pengacara dan Aktivis ini.

Nursari juga berharap agar jumlah PTPS memenuhi target untuk semua TPS di Kota Makassar.

“Kalau bisa kawan-kawan pemuda pemudi juga terlibat dalam pengawasan pemilu untuk mendaftar sebagai PTPS,” tutup Nursari.
(Toyo)