Mahasiswa Jepang Berkunjung Ke SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar di Pulau Lakkang

by -6 views

Makassar, Retoruka.co.id — Mahasiswa Jepang Berkunjung Ke SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar di Pulau Lakkang

Hari ini (04/03/2019) dua sekolah yang ada di Pulau Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar mendapat kehormatan dikunjungi oleh mahasiswa asal Jepang.

Kehadiran mahasiswa Jepang di Pulau Lakkang tidak saja menjadi istimewa bagi masyarakat Lakkang namun juga bagi siswa yang ada di SDN Lakkang dan SMPN 44 karena hari ini mereka bisa melihat langsung warga keturunan Jepang di sekolahnya.

” Iya hari ini adik-adik mahasiswa dari Jepang datang di sekolah kami, mereka berbaur dengan siswa dan guru, baik diluar ruangan maupun dalam ruang kelas,” ungkap Kepala Sekolah, Nuriati, S.Pd.

Rombongan mahasiswa Jepang yang berkunjung ke Sekolah juga sempat mengajar bahasa dan budaya Jepang di depan siswa, hal tersebut dilakukan guna untuk memperkenalkan karaktersitik budaya dan bahasa Jepang.

” Tadi ada adik-adik mahasiswa dari Jepang masuk juga diruang kelas, mereka belajar mengajar, walau baru beradaptasi dengan siswa kami, tapi mereka langsung akrab dan bersahabat dengan siswa,” ungkap Nurmah Wati, S.Pd salah seorang guru SDN Negeri Lakkang.

Dikesempatan yang sama guru-guru yang ada di SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar juga bertukar pengalaman dengan salah seorang dosen yang mendampingi mahasiswa tersebut.

” Katanya kalau di Jepang ada filosofi hidup yang ingin diajarkan ke siswa bahwa kebahagian tidak selamanya di ukur dengan uang,” kata Haziza, S.Pd yang juga guru di SMPN 44 Makassar.

Selain itu Haziza, S.Pd yang banyak berdiskusi dengan dosen pendamping dari mahasiswa mendapatkan informasi bahwa kegiatan yang dilakukan mahasiswa di Indonesia khususnya di pulau lakkang adalah nantinya akan dijadikan referensi bagi mahasiswa agar dapat merubah pola pikir mereka untuk memajukan pertanian yang ada di Jepang khusus di daerah asal mahasiswa tersebut.

” Sebagai informasi bahwa mahasiswa yang berkunjung ke Kelurahan Lakkang berasal dari tiga Universitas yang ada di Jepang yaitu Universitas Ehime, Universitas Kagawa dan Universitas Kochi dari tiga Fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Sosial Budaya dan Fakultas Hubungan Internasional,” ungkap Rifa salah seorang jurubahasa yang mendampingi mahasiswa dari Jepang tersebut.

Rifa juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kehadiran Mahasiswa Jepang di Pulau Lakkang selain untuk kegiatan Akademik (mata kuliah) mereka juga melakukan kegiatan nonakademik misalnya melakukan kegiatan sosial seperti mengubah tempat yang penuh sampah menjadi taman.
(masran)