Geruduk Ombudsman, Ini Tuntutan Pedagang Sentral

oleh -60 views

MAKASSAR, Retorika.co.id — Ombusmand RI perwakilan Sulsel yang bertempat di Jalan Alaudin dikunjungi oleh Aliansi Pedagang Makassar Mall (APMM) dan team kuasa hukumnya, Kamis (14/3/19).

Kunjungan tersebut terkait dengan pelaporan ketua aliansi pedagang sentral pertanggal 6/12/16 permasalahan adanya maladministrasi dan rencana pembongkaran yang di lakukan pihak PD Pasar pada tanggal (28/11/18).

Perseteruan antara pedagang sentral dengan pihak pemkot sampai saat ini belum juga menemukan titik terangnya. Kunjungan team kuasa hukum beserta kurang lebih 200 orang pedagang sentral ke Ombusdmand kali ini bertujuanu untuk menindak lanjuti laporan para pedagang akan ketidak adilan yang mereka rasakan.

Dari kunjugan tersebut ada beberapa informasi yang mereka kantongi yaitu proses laporan tersebut sudah diterima dan dalam tahap pemerikasaan dan investigasi. Berdasarkan keterangan Aswiwin selaku orang yang punya wewenang dalam dalam penyidikan menurutnya sudah dilakukan pemanggilan terhadap Dirut PD Pasar dan dilakukan penelitian di BPN bahwa tanah yang akan dieksekusi tersebut adalah tanah bersertifikat HGB yang berlakunya hingga 2023.

“Jadi PD Pasar keliru jika ingin melakukan pembongkaran karena masi ada hak-hak keperdataan orang,” pungkas Adrian salah satu team kuasa hukum para pedagang sentral.

Kasus ini juga sudah sampai sidang ke-7, pihak team kuasa hukum yang dimotori oleh Erwin Kallo itu nantinya juga akan mencoba menghadirkan saksi akhli khususnya mengenai hal kepemilikan tempat atau keabsahaan sebuah sertifikat. Karena sebelumnya ada ada isu bahwa sertifikat yang dipegang para pedagang sudah tak berlaku dan nilainya tak lebih dari sebuah pembungkus kacang.

‘”Ini kertas ada lambang garudanya jadi jangko piti kana-kanai,” celoteh Udin Ketua Aliansi pedagang sentral.
(Juma/Ditho)