Massa Buruh Geruduk PT Laris Jaya dan Disnaker 

oleh -51 views

MAKASSAR, retorika.co.id — Gabungan Serikat Buruh Nusantara (GSBN) dan Aliansi Gerak Buruh (AGB) melakukan aksi unjuk rasa di depan PT. Laris Jaya Jalan Sultan Abdullah, Senin (13/05/19).

Aksi tersebut dilakukan setelah terjadi kasus pelarangan buruh pekerja untuk berorganisasi dan pemberangusan serikat atau sering disebut Union Busting.

Sasaran aksi adalah perusahaan PT Laris Jaya makassar yang dianggap sudah melanggar UU ketenaga kerjaan dengan melakukan larangan berorganisasi, phk sepihak, upah dibawah UMK dan tidak ada jaminan kesehatan dan ketenaga kerjaan bagi buruhnya.

“Kami dari aliansi akan tetap melakukan pengawalan dan perlawanan terhadap pihak perusahaan, ini sudah jelas eksploitasi kaum pekerja, kapitalisme dan kesewenang-wenangannya jangan dibiarkan begitu saja,” kata Restu massa aksi.

GSBN dan AGB akan melakukan penggerudukan pabrik dan dinas ketenagakerjaan bertujuan untuk menuntut beberapa point seperti :
1. Lawan union busting (pemberantasan serikat buruh).
2. Pekerjakan kembali 8 buruh yang di PHK sepihak oleh perusahaan.
3. Mendesak pemerintah menindak tegas perusahaan yang melanggar aturan ketenaga kerjaaan.
4. Seret, adili, dan penjarakan pengusaha nakal.
5. Jalankan dan berikan hak normatif buruh sesuai upah UMK,BPJS, upah lembur dan THR’. ungkap “Akbar pengurus nasional SGBN.

Setelah melakukan aksi di PT. Laris Jaya, rombongan buruh bergeser ke Dinas Ketenaga Kerjaan untuk melanjutkan tuntutannya.

(Ocak)