oleh

Beredar Foto 26 PPS Tallo “Dukung” Caleg Terpilih Pileg 2019

Makassar,Sulsel Media Retorika.co.id –Beredarnya sebuah foto yang memperlihatkan 26 anggota panitia pemilihan suara (PPS) kelurahan se-Kecamatan Tallo Kota Makassar bersama orang tua Caleg terpilih membuat geger. Pasalnya, dari 26 PPS tersebut masih menjalani tahapan perekrutan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar.

Namun dengan beredarnya foto tersebut, masyarakat mempertanyakan integritas dan independensi KPU Kota Makassar jika meloloskan orang-orang tersebut.

 

Salah satunya, pemerhati demokrasi dan mantan anggota Lembaga pemantau pemilu (LPP) tahun 2019, Saprianto meminta keseriusan KPU Kota Makassar menjunjung asas independen sebagai penyelenggara pemilu.

“Foto itu sudah jelas memperlihatkan kemana arah PPS mayoritas di Kecamatan Tallo mendukung siapa pada Pileg Pilpres tahun 2019,” ucap pria yang akrab disapa Anto ini, Sabtu (14/3/20).

Anto mendesak KPU Kota Makassar bersikap sesuai peraturan perundang-undangan termasuk mengambil sikap dalam tahap perekrutan.

“Ini preseden buruk demokrasi dan sangat merusak citra penyelenggara, apalagi jika mereka masih diloloskan tidak menutup kemungkinan akan ada lagi upaya-upaya pelanggaran yang dilakukan termasuk mempengaruhi anggota PPS baru,” pungkas Anto.

Diketahui, dalam foto tersebut tampak di tengah para PPS diduga pemilik Hotel Claro, Willianto Tanta bersama istrinya. Willianto Tanta adalah ayah dari Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan terpilih, Andre Prasetyo Tanta yang mengendarai Partai NasDem.

Berkumpulnya para anggota PPS di Hotel The Rinra Jl Metro Tanjung Makassar saat itu diduga diinisiasi Ruslan, S.Sos Kakak Kandung dari Ketua DPRD Makassar yang juga Caleg Partai NasDem pada saat itu.

Tampak pada foto tersebut diantaranya, PPS Kelurahan Tallo, Hasanuddin dan Husain, Kelurahan Pannampu, Made Ali, Baharuddin Idul dan Linda Sari, Kelurahan Buloa, Sudirman, Kelurahan Tammua, Ferry Herly Moutong, Kelurahan Suangga, M. Agus Aiwin, Kelurahan Lakkang, Ruslan, S.Sos dan H. Jamaluddin, Kelurahan Wala-Walayya, Rahayu, SP dan Andi Muh. Farid Wajdi, Kelurahan Kalukuang, Abd. Kadir Jaelani, S.Pd, Kelurahan Rappojawa, Nurhaedah dan Kelurahan Rappokalling, Irwan.(*)

loading...

BACA BERITA LAINNYA :