oleh

Bupati Resmikan Gedung Serbaguna untuk Warga Pulau Tanakeke

Takalar, Retorika.co.id — Secara perdana pasca ditetapkan sebagai kecamatan, Pulau Tanakeke kini memiliki gedung serba guna.

Gedung serbaguna ini terletak di Desa Tompo Tanah, yang diresmikan penggunaannya untuk masyarakat oleh Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt., MM, Senin (30/12/2019).

Peresmian ini disambut riang warga Pulau Tanakeke khususnya di Desa Tompo Tana, dengan mempersembahkan tarian lokal yang hampir punah yaitu tari Pamanca di hadapan Bupati Takalar bersama rombongan.

Pejabat Kepala Desa Tompo Tana Supriadi, SE., M.Si, menyebutkan, “gedung serbaguna tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan warga pulau, mengingat keterbatasan wilayah di pulau sehingga dibutuhkan gedung yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti olahraga, gedung pertemuan, gedung pernikahan.

“Selain untuk warga pulau, gedung ini juga bisa menjadi tempat istirahat atau tempat transit menunggu cuaca membaik jika ingin ke daratan, untuk itu kita bangun tepat di dekat dermaga,” kata Pj. Kepala Desa Tompo Tana Supriadi.

Hal ini diapresiasi dengan baik oleh Bupati Takalar H. Syamsari, Ia menekankan, “selain mampu membangun, sepatutnya juga gedung tersebut harus mampu dijaga dan dikelola dengan baik termasuk kebersihannya.

“Kita apresiasi pembangunan gedung ini, jangan hanya membangun tetapi juga dirawat dan dikelola dengan baik. Selamat merancang pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik,” pungkas H. Syamsari.

Selain itu, Bupati Inovatif ini juga meminta agar ke depan, pemerintah Desa mulai memikirkan rencana tata ruang di Pulau Tanakeke khususnya Desa Tompo Tana, agar pembangunan di pulau ke depannya menjadi lebih terarah.

“Kita harus membuat pulau ini menjadi lebih tertata dengan membuat rencana tata ruang dan wilayah. Kedua pulau ini kita buat menjadi lebih hijau melalui penanaman pohon kelor yang juga berfungsi sebagai sayur dan pohon lain yang bermanfaat untuk di pulau ini,” papar H. Syamsari.

Gedung serbaguna ini dibangun menggunakan Dana Desa (DD) Tompo Tana, yang nantinya pengelolaan penggunaannya akan diberlakukan dengan sistem sewa.

Selain meresmikan gedung, Bupati Takalar juga melakukan penanaman 1000 pohon di Desa Tompo Tana bersama-sama dengan Danramil Mappakasunggu, Camat Mappakasunggu, dan warga Pulau Tanakeke. (*)

BACA BERITA LAINNYA :