oleh

Bupati Takakar Kunjungi STAND DISTAN Takalar Expo Dan Pesta UMKM 2020

Takalar, Sulsel Media Retorika.co.id –Memasuki hari ke-empat Takalar expo dan pesta UMKM 2020 di Lapangan Makkatang Dg Sibali, puluhan stand pameran mulai ramai dengan berbagai produk unggulan setiap OPD dan UMKM.

Tak ketinggalan, stand pameran Dinas Pertanian kabupaten Takalar yang menampilkan berbagai produk pertanian unggulan dan menjadi khas kabupaten Takalar.

Semua komoditi pertanian, mulai dari tanaman hortikultura seperti jagung, dan sayuran yang merupakan produk unggulan kabupaten Takalar ditampilkan. Kemudian ada juga produk tanaman pangan, seperti padi, bibit unggul padi yang merupakan hasil penangkaran petani lokal. Serta komoditi tanaman perkebunan seperti tebu.

Serta produk pangan lainnya seperti ternak dan program-programnya terkhusus ternak sapi yang merupakan salah satu program unggulan pemerintah kabupaten Takalar saat ini.

“Yang menarik perhatian pengunjung di stand pameran karena kita memajang ular sawah yang ukurannya cukup besar. Karena selama ini ular hanya dianggap sebagai hewan yang tidak berguna tetapi sebenarnya ular menjadi pembasmi alami hama seperti hama tikus pada tanaman padi,” jelas Kepala Dinas Pertanian Muhammad Hasbi S.STP. M. AP

Untuk penyuluhan pertanian juga menampilkan SOP sekaitan dengan kegiatan penyuluhan. Dari segi prasana menampilkan sejumlah informasi terkait ketersediaan asuransi perlindungan tanaman dan hewan ternak.

Salah satunya Asuransi Untuk Tanaman Padi (AUTP) dengan hanya membayar premi Rp 36 ribu perhektar, sehingga jika terjadi puso maka akan mendapat ganti rugi sebesar Rp 6 juta/hektar. Dan asuransi sapi yang hanya membayar premi Rp 40 ribu maka akan mendapat Asuransi Untuk Ternak Sapi (AUTS) sehingga jika sapi tersebut mati atau dicuri akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp 10 juta.

“Kita juga tampilkan hasil penangkaran benih padi, produk lokal yang dibuat oleh penangkar mandiri petani di Takalar. Dan pada tahun lalu kita sudah membagikan secara gratis kepada petani yang mampu mengcover 200 hektar lahan pertanian pada empat kecamatan,” Tambah Hasbi

Selain menampilkan produk dan program unggulan, Dinas Pertanian juga membuka layanan konsultasi sekaitan dengan permasalahan petani. Layanan konsultasi tersebut, dibuka mulai jam 08.00-23.00 Wita di Stand Pameran Takalar Expo 2020.

“Jadi, kami menghimbau bagi para petani jika ada yang tidak punya sumber air, silahkan datang ke stand pameran melaporkan kondisi lahannya, Insya allah kita akan fasilitasi dengan sarana irigasi air tanah mulai embun, irigasi, parit, ataupun sumur bor,” Tutup Kadis Pertanian.

Untuk diketahui, Takalar expo dan pesta UMKM 2020 ini akan berlangsung hingga 14 Maret mendatang dengan menghadirkan berbagai event dan beserta pelayanan publik dan sejumlah artis daerah untuk memeriahkan pameran tersebut.(Arsyadleo)

BACA BERITA LAINNYA :