oleh

Jadwal Pencairan Dana BOS 2020 Pihak Sekolah

Retorika.co.id – Kabar baik bahwa Kemendikbud akan melakukan percepatan pencairan dana Bos Tahap 3 (tiga) Tahun 2020, sudah sampai dimana progresnya, berikut kami akan kabarkan termasuk kapan jadwal cair dana Bos Tahap 3. perlu diingat kembali bahwa periode tahap pencairan dana Bos bukan berdasarkan triwulan melainkan Tahap 1 untuk Januari hingga Maret, kemudian tahap 2 periode April hingga Agustus dan tahap 3 yaitu September hingga Desember 2020.

Tidak dipungkiri bahwa masa pandemi Covid-19 merupakan masa sulit yang berdampak pada semua sektor kehidupan termasuk pendidikan. Sistem sekolah saat ini dengan menggunakan daring bukan berarti mengurangi kebutuhan operasional sekolah sebab ada protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Artinya ada pengalihan biaya operasional ke upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. Jika ditinjau dari periode tersebut maka sekarang sudah masuk di bulan September 2020, apakah Dana Bos Tahap 3 akan segera cair.

Bagi pihak yang berwewenang tentu saja sudah tahu jawabannya karena beberapa waktu lalu Kemendikbud melakukan webinar yang membahas mangenai Pencepatan Penyaluran Dana Bos Tahap 3 ini tepatnya pada kamis 27 Agustus 2020 lalu menggunakan aplikasi zoom mulai pukul 8 pagi hingga 12.,” jelasnya.

Mengenai syarat dan kriterial sekolah penerima dana Bos tahap 3. tahin 2020. Langka percepatan penyaluran dana Bos tahap 3 tahun 2020. Adapun syarat bagi sekolah adalah Cut Off jumlah peserta didik dalam Depodik terhitung 31 Agistus 2020. yang mempunyai NPSN, memegang izin Operasional Aktif dan telah memutuskan pelaporan penggunaan Dana Bos Tahap 1 yang sudah dipakai.

Adapun langka percepatannya dilakukan dengan sosialisasi melalui webinar dan juga gelaran diskusi online yang difasilitasi oleh Kemendikbud. Acara ini juga disiarkan Live pada channel youtubenya Ditjen Paud Dikdasmen.

Lantas bagaimana kondisinya saat ini. Berdasarkan rilis berita terbaru bahwa ada 6, 29 persen dari total sekolah penerima dana Bos belum menyelesaikan pelaporan Tahap 1 atau sejumlah 13.601 sekolah yang belum selesai itu pelaporannya. Jumlah tersebut merupakan sekolah pada jenjang Paud, SD dan Sekolah Menengah (SMP dan SMA),

Jumlah SD yang belum melapor penggunaan Dana Bos tahap 1 yakni sebanyak 9.657 sekolah, SMP sebanyak 2.284 sekolah, SMA sebanyak 666 sekolah, SMK sebanyak 953 sekolah. Total sekolah yang sudah melaporkan penggunaan dana Bos tahap 1 sebanyak 202.784 sekolah atau 93, 71 persen.

Dikarenakan pelaporan tahap 1 merupakan syarat untuk bisa menerima pencairan dana Bos Tahap 3 seperti yang tertuang dalam pedoman dana Bos Tahun 2020 yaitu Permendikbud No 8 Tahun 2020, maka kemungkinan sekolah yang belum mencukupi syarat tersebut tertunda dalam penerimaan dana Bos tahap 3 Tahun 2020.

Jadi kapan pencairan bagi sekolah yang sudah menyelesaikan pelaporan tahap 1. Silahkan ditunggu dalam dekat ini, dan terus pantau web Portal Bos Online di https//bos.kemdikbud.go.id/rekap/penyaluran untuk melihat update tarbaru mengenai laporan penyaluran dan laporan pencairan dananya. Bisa cet juga Jadwal Pencairan Dana Bos Sebelumnya,” kuncinya. (*)

BACA BERITA LAINNYA :