oleh

Kepsek SDI Rappojawa 71 Makassar, Menerapkan Pola Kekeluargaan

Makassar, Retorika.co.id – Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mendewasakan anak didik adalah dengan cara menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan, nyaman, sejuk dan asri.

Suasana sekolah yang seperti itu akan membuat peserta didik menjadi senang, gembira, ceriah dalam melaksanakan program belajar mengajar di sekolah, baik itu kurikuler, maupun ekstrakurikuler, dan suasana seperti inilah yang didambakan setiap peserta didik agar mampu mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan perkembangan zaman.

Untaian kalimat yang cocok adalah manciptakan suasana menyenangkan, asri, sejuk dan nyaman dengan menerapkan sekolah menjadi taman belajar mengajar yang sejuk, hal ini sejalan dengan keiginan Mendikbud untuk menjadikan sekolah Moderen. sekolah sebagai taman dalam benak kita bersama adalah sebuah tempat dengan bunga warna warni, tempat bermain yang menyenangkan, dimana anak didik dapat mengembangkan krearifitas imajinasi, tempat mengekspresikan dan mengaktualisasikan seluruh potensi yang dimilikinya, Intinya jadikan sekolah sebagai tempat yang dapat membuat peserta didik senang dan menganggap sekolah adalah rumahnya yang kedua.

Kepala Sekolah SDI Rappojawa 71 Kecamatan Tallo Makassar Drs, Batoto ketika ditemui awak media diruang kerjanya baru- baru ini mengatakan bahwa yang pertama kami lakukan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan proses belajar mengajar yang lebih baik yaitu kedisiplinan guru dan siswa serta penerapan pola kekeluargaan dan musyawarah dalam menyikapi sesuatu merupakan jalan yang terbaik yang telah dirasakan selama ini. Makanya kepemimpinan Drs, Batoto di sekolah ini untuk mengambil keputusan harus mupakat sebelumnya.

Hal ini terjadi pemicu strategis guru di sekolah ini. Untuk pengembangan proses belajar mengajar siswa. Agar berprestasi dan tidak mengalami stagnasi, disadari pula bahwa pendidikan memacu kedisiplinan terhadap semua pihak seperti disiplin waktu, berpakain dan tata krama. Menurut Drs, Batoto dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah hal itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang kepsek.

Dan tentunya tak lepas dari dukungan rekan- rekan guru siswa masyarakat dan orang tua murid serta pihak pemerintah setempat. Demikin pula pelaksanaan pembinaan dan kegiatan belajar mengajar lebih ditingkatkan dan diupayakan agar tidak terjadi kekosongan dalam kelas setiap jam belajar,” ungkapnya,” (Muh.¬†Ilyas, Hs)

loading...

BACA BERITA LAINNYA :