oleh

Ketua TP PKK Canangkan Pelayanan KB MKJP dan Tanam Pohon di Pulau Satangnga

Makassar, Retorika.co.id — Pelayanan KB MKJP dalam rangka bakti PKK KB Kes dirangkaikan dengan peringatan hari ibu tingkat Kabupaten Takalar oleh Ketua PKK Kabupaten Takalar dilangsungkan pada tiga kecamatan di Takalar.

Kecamatan pertama dilaksanakan di Pulau Satangnga, Desa Mattiro Baji, Kecamatan Pulau Tanakeke, Rabu (18/12/2019).

Ratusan warga pulau Satangnga menyambut ketua PKK yang juga merupakan bunda PAUD inu bersama rombongan yang juga dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kebersihan, Lingkungan Hidup dan Pertanahan Muhsin, S.Sos.

Pelayanan KB MKJP ini dirangkaikan dengan pencanangan PKK KB bersama Dinas Kesehatan dirangkaikan dengan Penanaman Pohon.

Camat Pulau Tanakeke Bustang Tika menyampaikan bahwa kedatangan tim Penggerak PKK ini merupakan kehormatan sekaligus harapan warga di Pulau Tanakeke.

Di pulau ini terdapat 4 desa, dan warga menyambut dengan bahagia kedatangan ibu PKK bersama rombongan. Selain yang hadir disini, banyak sekali warga dari desa lain yang juga ingin ikut hadir di tempat ini tetapi karena kondisi air yang kadang surut dan pasang menjadi kendala untuk bergabung di sini,” Ujar H. Bustang Tika.

Ketua TP PKK Dr. Hj. Irma Andriani, S.Pi, M.Si menyampaikan pencanangan KB Kesehatan ini dilaksanakan karena untuk mewujudkan kesehatan dibutuhkan peran multi sektor tidak hanya tugas dari Dinas Kesehatan.

“Kenapa disebut KB Kes karena untuk menunjukkan kepada kita semua bahwa untuk mewujudkan kesehatan dibutuhkan kerja multi sektor, bukan hanya dari dinas kesehatan. ‎Kita mau mencanangkan keluarga berencana multi sektor, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas KB, dengan melibatkan masing-masing kader kesehatan,” Papar Hj. Irma Andriani.

Selain itu, Ketua Tim Forum Kabupaten Sehat ini juga menyampaikan bahwa ada dua hal penting yang dititipkan oleh Bupati Takalar kepada warga Pulau Tanakeke yakni penanaman pohon harus terus intens dilaksanakan dan menggalakkan gerakan ayo kembali bersekolah untuk meningkatkan IPM.

Penanaman pohon kita harapkan dapat menjadikan Pulau Tanakeke terus menjadi paru-paru dunia. Kemudian bapak bupati berpesan agar kita kembali menggalakkan gerakan kembali bersekolah untuk meningkatkan IPM kita yang masih rendah saat ini. Bagi yang putus sekolah bisa ikut Paket A, Paket B, dan Paket C termasuk penerima PKH hingga ke aparat desa,” Papar Hj. Irma.

Ke depan Kecamatan Pulau Tanakeke diharapkan bisa semakin maju dan berkembang dengan dijadikannya kecamatan melengkapi Takalar menjadi 10 kecamatan.

Harapan kita dengan menjadi kecamatan, Pulau Tanakeke ini pembangunannya semakin maju dan semakin berkembang. Termasuk akses dan transportasi menuju pulau semakin mudah. Kita berharap Kecamatan Pulau Tanakeke ini menjadi sama majunya dengan pembangunan di darat, “ujar Hj. Irma.

Pencanangan disertai dengan dialog oleh ketua TP PKK dengan warga serta kunjungan ke sejumlah rumah warga. (*)

BACA BERITA LAINNYA :