oleh

Pemerintah Kabupaten Sinjai Bentuk Posko Tes Virus Corona

Sinjai, Retorika.co.id – Dengan makin merebaknya virus corona Pemerintah Kabupaten Sinjai menerapkan kebijakan dengan membentuk Posko tes virus corona di poros perbatasan Sinjai-Bone.

Petugas medis dari Dinas Kesehatan dibantu PMI, BPBD, Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan menghentikan setiap pengendara roda dua maupun roda empat atau lebih yang akan memasuki wilayah Kabupaten yang berlambang Kepala Kuda ini untuk dilakukan pemeriksaan tes virus corona.

Kebijakan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Deases (Covid-19). Dilansir dari pemberitaan Kompas.com(21/3/2020), President ACCESS Health International, William Haseltine mengungkapkan, virus corona tidak hanya menyebar melalui orang dengan gejala nampak terinfeksi virus corona, tapi juga bisa dari pasien yang tanpa gejala.
Karena itu melihat kondisi tersebut, dia merekomendasikan untuk melakukan sistem pengujian yang disebut contact tracing atau pelacakan kontak.

Menurutnya, cara ini melibatkan pengujian setiap orang dengan gejala terlebih dahulu. Kemudian, menemukan dan menguji setiap orang yang berhubungan atau kontak dengan orang tersebut selama lebih dari dua minggu.

Diketahui, sistem ini telah diberlakukan di Korea Selatan dan Singapura. (*)

BACA BERITA LAINNYA :