oleh

Pemred Hadi Soetrino SH: Perombakan Susunan Redaksi Retorika Bentuk Penyegaran di Tubuh Kepengurusan

Makassar Rerorika.co.id – Media Retorika.co.id dan Tabloid bulanan Media Retorika telah melakukan penyegaran susunan kepengurusan dalam rangka mengefektifkan kinerja jurnalis retorika dalam setiap pemberitaan sebagai informasi ke pada publik secara efektif, profesional, proporsional dan bertanggung jawab.

Terkait dengan susunan redaksi media retorika co.id dan Media Tabloid bulanan (cetak) kami cantumkan nama-nama jurnalis retorika di box redakasi, baik online maupun cetak sebagai jurnalis yang bekerja di bawah Payung  Hukum Yayasan Bantuan Hukum Mitra Indonesia Mandiri dengan nomor Badan Hukum AHU : 0039023.AH.01.04. Tahun 2016, agar jurnalis retorrika bekerja secar legal sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.
adapun susunan Redaksi Retorika sebagai berikut :

DEWAN PEMBINA :
Prof. Dr. Muhammad Zaidun, SH., M.Si.
Dr. Muh Yahya, M.Si
Masran Amiruddin, SH., MH

PENASEHAT HUKUM :
Dr. Asdar Arti, SH., MH
Dr. Makkah Muharram, SH, M.Ken, MH
Mashuri Pandudaya, SH., MH
M. Arifin K, SH
Dedi Kurniawan Damanik, SH

DEWAN REDAKSI :
Dr. Muhammad Yahya, M.Si
Dr. Arda Senaman, M.Si
Drs. Laode Hazirun

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB :
Hadi Soetrisno, SH

LAY OUTER / IT :
SUFRI
Drs. H. Aslam Arsyad

REDAKTUR PELAKSAN /EDITOR :
Risman, S.Si, M.Si
JURNALIS/ WARTAWAN :
Mahyuddin
Muh Ilyas HS
Abd. Rahim
Abd. Rasak
Abd. Latief
Mustafa
Juma
Alfian
Hasan
Muh. Jufri MS
Sulmubin

PHOTOGRAFER :
Syarir

IKLAN/PEMASARAN :
Sulmubin

TAKALAR :
Kepala Biro (Kabiro) : Arsyad Leo
Dirham Sibali
Abd Asis
Farhan

MAROS :
Andi Pattawari
Jumain
Abd Kadir

KANTOR/SEKRETARIAT :
Jl. Tinumbu No.118/184 , Kel. Layang, Kec. Bontoala, Makassar, Sulawesi Selatan.
Cp/ Wa : 081354697474 – 08114418811

PENERBIT :
YAYASAN BANTUAN HUKUM MITRA INDONESIA MANDIRI
No. AHU-0039023.AH.01.04.Tahun 2016
Izin Ganguan Nomor : 503/29588/IG-B/13/DPM-PTSP
Tanda Daftar Perusahaan Nomor : 503/21635/TDPPL-B/13/DPM-PTSP
Surat Izin Perdagangan Kecil Nomor : 503/21319/SIUPK-B/13/DPM-PTSP

Dalam bertugas, wartawan Retorika.co.id dilengkapi identitas. Tidak dibenarkan menerima, apalagi meminta, pemberian dalam bentuk apapun dan dengan alasan apapun.

Setiap kegiatan pemberitaan yang dilakukan jurnalis retorika wajib memerlihatkan identitas Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai jurnalis retorika dalam melakukan aktivitas jurnalistik dalam berbagai bentuk pemberitaan. Setiap berita harus diuji dengan konfirmasi dan verifikasi oleh redaksi terhadap objek pemberitaan. bagi jurnalis yang mengaku sebagai wartawan/jurnalis retorika tapi tidak tercatat di box redaksi, maka kegiatan jurnalistik yang dilakukan adalah ilegal atau tidak mendapat izin dari perusahaan pers, sebagai konsekuensi redaksi tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemimpin Redaksi sekaligus penanggung jawab media.co.id dan Tabloid bulanan Media Retorika (cetak) Hadi Soetrisno, SH, menerangkan,” perombakan susunan pengurus media retortka.co.id (online) dan Tabloid bulanan (cetak) adalah sebagai bentuk penyegaran di tubuh redaksi dan jurnalis retorika. Agar para jurnalis retorika.co.id (online) dan cetak dapat bekerja lebih fokus, efektif dan bertanggungjawab, tentunya dengan mengedepankan Kode Etik Jurnalis (KEJ) yang diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Lebih jauh Hadi menjelaskan,” untuk menjadi seorang jurnalis profesional dibutuhkan pembekalan ilmu jurnalistik agar setiap pemberitaan dapat disebut sebagai karya jurnalistik sehingga pemberitaan tidak bertendensi menghakimi tanpa penghakiman dalam setiap objek pemberitaan dengan tetap mengedepankan prinsip atau asas presumption of innocence (asas praduga tak bersalah), sehingga objek pemberitaan lebih fair, demokratis,  independen tanpa ada kesan menghakimi, tapi berdasarkan fakta dan hasil konfirmasi yang sudah terverifikasi,” ungkap Hadi penanggungjawab Media Retorika

Oleh karena itu, lebih jauh Hadi menjelaskan,” untuk menjadi pemimpin redaksi dan penanggung jawab pemberitaan haruslah memenuhi syarat formil dengan kata lain telah bersertifikasi sebagai jurnalis mulai dari tingkatan Dasar, Madya sampai ke pada tingkatan  Utama yang dikeluarkan salah satu organisasi press/pers, tidak sekedar mengandalkan pengalaman semata atau in try in (coba-coba) pasalnya pemimpin redaksi harus mengantongi sertifikasi, dan mengetahui bentuk-bentuk karya jurnalistik agar pemberitaan jurnalis dapat dipertanggungjawabkan baik secara sosial maupun dihadapan hukum,” jelas Hadi Soetrisno, SH (Pemred Retorika)

Menurut Hadi, UU pers telah menjelaskan, bahwa setiap perusahaan pers wajib berbadan hukum indonesia sebagaimana diatur dalam pasal 9 ayat (2) UU pers 40/1999, perusahaan yang tidak berbadan hukum tapi melakukan kegiatan jurnalistik adalah tindakan ilegal karena tidak ada wadah yang mengatur dan hukum yang melindunginya,” ungkap Hadi Soetrisno, SH.

Ke depan dalam waktu dekat Insya Allah redaksi Retorika akan melaksanakan kegiatan pendidikan jurnalistik untuk membekali jurnalis retorika ilmu jurnalistik agar dapat bekerja lebih efektif, profesional, proporsional dan bertanggungjawab,” tutup Hadi, di Sekretariat Media Retorika, Jl Tinumbu No. 184 Kel Layang Kec. Bontoala Kota Makassar. (*)

BACA BERITA LAINNYA :