oleh

Peranan Badan Pengawas Daerah (BAWASDA) Kabupaten Bulukumba

Bulukumba, Retorika.co.id — Sebagai salah satu unsur pendukung pelaksanaan teknis di tingkat pemerintahan daerah, Badan Pengawas Daerah (BAWASDA) berperan sebagai alat control dalam rangka pelaksanaan pembangunan non fisik di Wilayah akabupaten Bulukumba.

Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA), Merupakan salah satu lembaga yang harus berperang aktif dalam menunjang suksesnya pelaksanaan pembangunan di daerah.

Adapun cara yang dimaksud adalah pemeriksaan dan penilaian laporan. Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) Kabupaten Bulukumba karena badan ini berfungsi sebagai pengawasaan atau alat kontrol pembangunan daerah.

Dalam pembentukan tim khusus untuk melaksanakan pemeriksaan  dan penilaian, di daerah yang dilakukan oleh tiap-tiap bidang yang ada di Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) melaksanakan pemeriksaan dan penilaian tiap 3 (tiga) bulan sekali.

Dalam upaya meningkatkan pengawasannya sebagai alat control, Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) untuk saat ini masih kategori tanda tanya besar besar, karena belum ada hasil yang dikeluarkan oleh BAWASDA.

Salah Satu contoh Pembangunan di DesaTibona, Kecamatan Bulukumpa, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Penyediaan Prasarana & Sarana Air Limbah Domestik Dalam pekerjaan Klompok Swadaya Masyarakat(KSM) yang 5 titik ini salah satu Masyarakat Desa Tibona menyimpulkan bahwa dikeseluruhan titik ini ada kelebihan anggaran 40 juta, dengan OHK 4juta/1 titik, dan

Masyarakat cuma berharap agar Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) lah yang punya tugas dan peranan sebagai Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA) di wilayah Kabupaten Bulukumba agar pembagunan berjalan efektif dan efisien serta dapat mengurangi terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang. (Rudi/Biro Bulukumba)

BACA BERITA LAINNYA :