oleh

Peringatan Hari Gizi, TPA Al Munawwar Lakukan Penyuluhan Gizi dan Kesehatan

Makassar, Retorika.co.id — Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 25 Januari 2020, Persatuan Orang Tua Santri (POS) TPA Al Munawarah Tello Baru di Makassar, melakukan penyuluhan Gizi dan Kesehatan dengan tema “Makan sehat dan yang tidak sehat”, Sabtu, (01/02/20)

Kegiatan penyuluhan tersebut merupakan salah satu program bidang kesehatan POS TPA Al Munawarah Tello Baru yang memanfaatkan moment Hari Gizi Nasional setiap tahunnya.

Kegiatan penyuluhan ini diperuntukkan tidak hanya pada orang tua santri TPA Al Munawarah saja tapi juga semua santri dan masyarakat setempat. Dengan tujuan agar santri, orang tua santri dan masyarakat dapat memahami apa dan bagaimana makanan yang sehat itu untuk dikonsumsi dan yang tidak sehat untuk dikonsumsi oleh keluarga terutama anak-anak,” ungkap ketua POS TPA Al Munawarah Tello Baru (Erni Kadir, SKM., M.Adm.Kes)

Dalam kesempatan itu, hadir pula ibu Masdarwati, SKM., M.Kes (dosen Gizi FKM UPRI) sekaligus pemateri dalam giat penyuluhan kesehatan dan gizi yang dilaksanakan oleh TPA Al Munawarah Tello Baru.

Dalam materinya, Masdarwati menyampaikan,” pada intinya makanan yang sehat adalah makan yang seimbang dan komplit gizinya, sedangkan yang tidak sehat adalah makanan yang mengandung zat adiktif yang berbahaya misalnya pewarna, pengawet, pemanis dan lain-lain,” ungkapnya.

Selain itu, dosen gizi FKM UPRI itu juga membahas bagaimana makanan sehat di dalam Al-Quran, telah dijelaskan makanan sehat dan tidak Sehat.

“Dalam QS. Al-Baqarah :168 Allah telah memerintahkan kepada kita untuk makan makanan yang halal dan baik. Banyak sekali makanan di muka bumi ini yang halal tapi tidak baik untuk kita, misalnya, nasi yang setiap hari kita makan itu halal, tetapi akan menjadi tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit misalnya diabetes. Begitu pula dalam ayat 172, Allah memerintahkan kita untuk makan dari rezeki yang baik dan bersyukurlah kepada Allah. Jadi kita senantiasa mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita,” tuturnya.

Kegiatan penyuluhan gizi dan kesehatan ini sangat diapresiasi oleh pengurus mesjid (Daeng Baso) dan pengurus TPA Al-Munawarah Tello Baru, (ustadz Haris). Mereka berharap kegiatan seperti ini baiknya sering dilakukan dan lebih ditingkatkan, agar masyarakat lebih faham tentang pentingnya kesehatan bagi tubuh kita. Dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kerjasama Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeritas Pejuang RI (FKM UPRI) Makassar. (EK)

loading...

BACA BERITA LAINNYA :