oleh

Program ADIWIYATA Pangkep Peringati Hari Lahan Basah Sedunia

Pangkep, Retorika.co.id – Dalam rangka menjaga kelestarian alam dan lingkungan, serta untuk menumbuhkan rasa cinta dan sayang anak terhadap lingkungan. Setiap sekolah baik SD, SMP dan SMA yang tergabung kedalam Program ADIWIYATA Pangkep melakukan penanaman mangrove di salah satu pesisir Pelabuhan Pundata Baji, Kec. Labakkang , Kab.Pangkep (Kamis,27/2/2020).

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep dan diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari 9 Sekolah Dasar Negeri Pangkep, SMP Tonasa dan SMA Tonasa.

Sebelum peserta melakukan penanaman terlebih dahulu di berikan wawasan/pengetahuan oleh Dinas terkait serta pengarahan tentang manfaat Mangrove, sesuai dengan Tema kegiatan “Lahan Basah dan Perubahan Iklim Jelajahi Mangrove Tingkatkan Kesadaran Atas Peran Mangrove Dalam Menghadapi Perubahan Iklim”.

Ketika diwawancarai salah satu peserta dalam kegiatan ini, Ketua Adiwiyata Tim Mandiri Drs.Andi Ilham Usman menjelaskan,“ program pemerintah ini sangat bagus dengan menunjuk dan melibatkan sekolah-sekolah, karena dari sekolah ada generasi penerus yang betul-betul di tanamkan rasa cinta terhadap lingkungan,“ ujarnya.

Meskipunkondisi cuaca hujan, peserta tetap antusias melakukan penanaman mangrove. Telah di lakukan penanaman sebanyak 200 bibit mangrove yang sudah di siapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Dari pihak Dinas lingkungan Hidup ketika di wawancarai mengatakan,“ kegiatan ini adalah salah satu dari Aksi sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan Adiwiyata yang berdampak positif bagi masyarakat, ada sekolah yang mengikuti ADIWIYATA Nasional untuk tingkat SD dan ADIWIYATA Mandiri tingkat SMP dan SMA.

“Program Adiwiyata menuju Nasional dan mandiri, SD menuju Nasional lalu SMP dan SMA menuju Mandiri membina sekolah yang ada di bawahnya atau tingkat nasional dengan program-program lingkungan,” ujarAhyard S.Pd pembina Adiwiyata Nasional sekaligus kepala sekolah SDN 10 Bontomangape disela akhir kegiatan. (Hermawan)

loading...

BACA BERITA LAINNYA :