oleh

Santri, Pembina, Pimpinan Pondok Pesantren Armina Sari dan Masyarakat Laksanakan Sholat Gerhana Matahari

Gowa, Retorika.coid – Peristiwa Gerhana matahari yang terjadi hari ini Kamis 26/ 12/ 2019 umat Islam di Indonesia tidak mau melewatkan begitu saja peristiwa langka ini untuk melaksanakan Sholat Gerhana Matahari sebagaimana anjuran Nabi Besar Muhammad SAW dalam sebuah haditsnya yang berbunyi :

َ“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah.Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”( HR.Bukhari Muslim)

Tak terkecuali Penghuni Pondok Pesantren Armina Sari Madani milik KH Mustari Ago yang terletak di Dusun Bontokadatto Desa Bontolangkasa Selatan, Kec. Bontonompo, Kab.Gowa, hari ini juga melaksanakan Shalat Gerhana Matahari secara berjamaah di Masjid Armina Sari Madani.

Pelaksanaan Sholat Gerhana Matahari ini dihadiri oleh para Santri , Pembina, Pimpinan Pondok serta masyarakat sekitar turut bersama melaksanakan salat Gerhana Matahari.

Adapun yang bertindak sebagai Imam Sholat yaitu Al-Hafidz Al-muhtadibillah sedangkan sebagai khatib yaitu Ustad Al-Hafiz Muh.Rezki.

Ustaz Jamil Hidayat S.Pdi selaku pimpinan Pondok dalam sambutannya mengatakan bahwa pada momen Gerhana ini kita mesti memperbanyak istighfar, berdoa dan bersedekah sebab ini bukan hanya fenomena-fenomena alam biasa tetapi juga merupakan tanda-tanda akan datangnya hari kiamat.

“Lamanya kita berdiri rukuk dan sujud dalam sholat tadi belum seberapa dibanding lamanya kita berdiri di padang mahsyar nanti menunggu pengadilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Maka mesti kita memperbanyak istighfar atas dosa-dosa kita serta berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dalam kesempatan itu berbagai doa dipanjatkan oleh para jamaah yang sebagaian besar terdiri dari para santri.

Doa-doa tersebut antara lain doa untuk orang tua, Doa untuk guru dan pembina di PPTQ Madani, doa untuk pendiri yayasan ( KH.Mustari Ago) dan keluarga besarnya , doa untuk kemudahan dalam menghafal memahami dan mengamalkan Alquran serta doa untuk kebaikan kita semua dunia dan akhirat.(Syarif Lawa)

BACA BERITA LAINNYA :