oleh

Sikap Arogansi Kepala Desa Kalotok, Luwu Utara

Luwu Utara, Retorika.co.id – Kepala Desa  sebagi pemangku jabatan di pemerintahan desa adalah mitra kerja strategis bagi LSM dan Wartawan. Namun berbeda halnya dengan Kepala Desa Kalotok, Kec. Sabbang, Kab. Luwu Utara yang menganggap LSM dan wartawan sebagai racun.

Drs. Jusman selaku Kepala Desa saat ditemui oleh LSM dan Wartawan justru memperlihatkan sikap arogansi dan tidak responsif terhadap kunjungan LSM dan  Wartawan yang ingin mencari dan mendapatkan informasi sebagai hak setiap warga negara untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang baik dan benar terkait tata kelola pemerintahan desa yang bebas dan bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bebas dan Bersih dari KKN serta peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan negara PP Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata cara Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Negara Jo. PP Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kepala Desa merupakan mitra strategis  lembaga Non Goverment Organitation (NGO) seperti LSM dan Wartawan sebagai saluran untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, bukan  menganggap LSM dan Wartawan sebagai jamur yang mematikan.

 

Berbeda halnya dengan Sekdes, Janisra saat ditemui di ruang kerjanya pada hari Selasa 11/2/20 , terkait dengan hasil pembangunan anggaran tahun 2018/2019, Janisra bersedia memberikan keterangan dengan sopan santun dan bahasa yang lugas dan mudah dipahami diiringi dengan candaan disela-sela pembicaraan sehingga komunikasi cair dan tidak tegang.

“Kami berharap ke depan agar masyarakat Luwu khususnya warga Desa Kalotok, lebih cerdas dan selektif memilih pemimpin agar dapat membawa masyarakat desa lebih sejahtera dan siap memberikan pelayanan prima bagi warganya.
Demi untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar salah satu anggota LSM. (Sila)

BACA BERITA LAINNYA :