oleh

SWAKELOLA : Proyek Pembangunan Bantuan Langsung SMKN 8 Makassar, “1,9 M”

Makassar, Retorika.co.id — Proyek Pembangunan Revitalisasi, bantuan langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (KEMDIKBUD) tahun Anggaran 2019 sebesar 1,9 M bersumber dari APBN murni yang diterima SMK Neg. 8 Makassar, jl. Wolter Mongisidi No. 17 Kel. Maricaya, Kec. Makassar, Kota Makassar, sementara ini masih berjalan.

Pada pintu masuk Sekolah kejuruan SMKN 8 Makassar, terpampang papan proyek di pos penjagaan sebagai papan informasi yang menjelaskan bahwa kegiatan Revitalisai Proyek Pembangunan SMKN 8 Makassar sedang dilaksakan. Kegiatan pembangunan ini dikerjakan secara “Swakelola” jenis pekerjaan terdiri dari 5 (lima) item yaitu, REHAP Ruang Praktek Siswa (RPS), Ruang Tefa, Kelas, Toilet, Selasar dengan anggaran 1,9 Milyar Rupiah diambil dari APBN murni.

Dalam penelusaran investigasi reporting Media Retorika.co.id, Senin, 1 Juli 2019 disetiap item pekerjaan tidak ditemukan papan informasi proyek pembangunan tersebut. Pada penelusuran selanjutnya, Jumat (5/7/19) Sudah nampak papan informasi di setiap itemnya. Hanya saja Papan informasi itu seukuran kertas kuarto, sehingga akses untuk melihat berapa anggaran setiap  item pekerjaan yang dianggarkan tidak nampak jelas dari luar kecuali jika diperhatikan, itupun di tunjukkan oleh salah satu kepala tukang bernama Nombong.

Ketua YBH MIM, Hadi Soetrisno berkomentar, “Jika dilihat dari ukuran papan informasi yang terpajang  sebesar kertas kuarto pada setiap item pekerjaan, ada hal yang tentunya bertentangan dengan asas transparansi, dimana setiap orang (Publik) berhak untuk mendapat akses dan informasi yang mudah, efektif dan akuntabel”, ucap Hadi

Sampai diturunkannya berita ini, belum ada Tanggapan dari pihak Kepala sekolah SMK Neg. 8 Makassar.

(FSL)

Gratis Berlangganan Berita Via WhatsApp

BACA BERITA LAINNYA :