oleh

Tolak Tambang Ilegal, Pemerhati Masyarakat Tantang Kapolres Takalar

Takalar, Retorika.co.id – Maraknya Tambang Ilegal Galian C yang hampir beroperasi Tltersebar di wilayah Kabupaten Takalar, sehingga salah satu pemerhati Azman mengungkapkan kemedia ini, Bahwa tambang ilegal galiang C, merupakan penyakit bagi lapisan masyarakat yang terkena dampak, tanpa Aadanya tekanan dari pihak penegak hukum Ada Apa.

“Harapan saya selaku pemerhati masyarakat meminta dan sekaligus ini merupakan tantangan kepada Kapolres Takalar untuk segera menutup Slsecara paksa tambang ilegal galian C, yang tidak Bersyarat,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan,” berdasarkan hasil investigasi kami dengan tim yang kami bentuk hampir seluruh tambang tidak layak untuk beroprasi karena sudah melewati batas pengambilan material dan Syarat akan praktik pelanggaran hukum.

Kegiatan tambang galian C Sudah sekian Tltahun beroprasi yang hampir di seluruh Kecamatan Takalar. Mesti ada sikap tegas oleh pihak penegak Hukum terhadap pelaku usaha karena  konstitusi mengatur dalam Permen ESDM No 11 tahun 2018, “Setiap kegiatan usaha harus memiliki Izin Usaha Produksi (IUP) merupakan kewajiban bagi setiap pelaku usaha.

Namun Klkadang Plpelaku usaha hanya Mengantongi SPPL yang terbitkan Lingkungan Hidup Kabupaten, pelaku usaha terlalu ceroboh melaksanakan Klkegiatan dan kerap kali ditemukan hal tersebut, tidak adanya tindakan adanya tegas sehingga yang terjadi banyak kegiatan yang beroprasi Slsecara Ilegal.

Oleh Karna Itu Kami berharap kepada Kapolres Takalar segera mengambil langkah hukum yang tegas dengan memanggil seluruh pelaku tambang, baik yang sementara beroprasi maupun sudah Beroperasi untuk dikaji lebih lanjut dampak llngkungan tang diTltimbulkan dan jika merusak dan memenuhi Ulunsur pidana berdasarkan UU Nomor 32 TAHUN 2009 Tentang Perlindungan Lingkungan Hidup harapan kami hukum bisa ditegakkan tanpa tebang pilih. TolakTambang Ilegal,” harap Azman. (Arsyadleo)

loading...

BACA BERITA LAINNYA :